B U K I T T I N G G I
detail news

29 Dec,2017 11:12

Pengurus Saka Kalpataru dan Mabi Saka Kalpataru dilantik

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Supadria dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka Kalpataru Kota Bukittinggi Masa Bakti 2017-2019. Sementara Amrijon juga dilantik sebagai Ketua Pengurus Satuan Karya Pramuka Kalpataru Kota Bukittinggi Masa Bakti 2017-2019. Pelantikan dilakukan Ketua Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi Yuen Karnova pada Kamis (28/12) di Hall Balaikota Bukittinggi.

Pelantikan dilaksanakan setelah masa Orientasi dan TOT (Training of Trainers) Pengurus Saka Kalpataru Kota Bukittinggi  27-28 Desember 2017. Ketua Majelis Pembimbing Saka Pramuka Kalpataru Bukittinggi 2017-2019 Supadria mengharapkan momen pelantikan hari ini menjadi momen kita bangkit dalam berperan serta dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Pengurus yang dilantik telah dua hari mengikuti bimbingan teknis, telah banyak hal yang telah diberikan oleh Kwarda. Tentang arah kemana gerakan Pramuka. Ada beberapa hal yang kami himbau kepada kakak kakak pengurus terutama menyangkut pemahaman UU 12/2010 tentang pramuka.

“Kita mulai dengan semangat baru. Benahi penampilan terlebih dahulu. Perlu diperhatikan kondisi fisik. Karena kita akan menghadapi kaum muda. Demi kebaikan. Karena kita akan menjadi tuntunan kaum muda.” Dibawah pembinaan Ketua Kwarcab Kota Yuen Karnova diharapkan Saka Kalpataru akan mendapat semangat yang kuat

Lebih lanjut Supadria melanjutkan, Krida keanekaragaman hayati, merupakan tugas lingkungan hidup. Tinggal kita menggerakkan kaum muda untuk terus bekerja. Kita juga melibatkan beberapa petugas bank sampah dibeberapa tempat. Selanjutnya bagaimana kita mendorong percepatan Program kampung iklim.

Ketua Kwarcab 13 gerakan Pramuka Kota Bukittinggi Yuen Karnova mengharapkan setelah dilantik Kamabicab dapat bergerak. Dengan menjalin kerjasama dengan gugus depan dan melibatkan saka lain. Terutama tingkat penegak dan pendega. Adakan rapat dan undang gugus depan. Sehingga semua kegiatan tersebar di semua sekolah. Coba rangkul semua gugus depan. Prinsip Reuse, reduse dan recycle sudah mulai terpakai di masyarakat. Proklim, perubahan iklim terjadi sudah sangat nyata. Namun Konservasi dan keanekaragaman hayati juga perlu. Seperti dengan gerakan menanam. Yuen mengharapkan masih perlu diintesifkan sekali  dan dimulai dari lingkungan kita. (fika)