B U K I T T I N G G I
detail news

16 Dec,2017 23:12

Bukittinggi Wisata 10 K Sukses dan Meriah, Ridwan dan Afriana Pejo Sebagai Juara Kategori Elite Nasional

Ribuan peserta meramaikan lomba lari yang bertajuk Bukittinggi Wisata 10 K denganmengambil start di jalan Sudirman Bukittinggi depan lapangan Wirabraja dan dilepas langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Minggu (17/12).

Lomba lari Bukittinggi Wisata 10 K ini dihelat disamping merupakan agenda rutin Koni Bukittinggi juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-233 yang jatuh pada 22 Desember mendatang.

Walikota didampingi Wakil Walikota, unsur Forkopimda dan sejumlah kepala SKPD. Walikota Ramlan Nurmatias menyampaikan iven ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang ke Bukittinggi, sehingga moment ini dapat dijadikan ajang memperkenalkan potensi yang dimiliki kota Bukittinggi khususnya bidang pariwisata.

“Iven ini sebagai salah satu bentuk upaya promosi pariwisata selain itu ajang ini untuk memotivasi perilaku hidup sehat kepada masyarakat melalui olahraga disamping juga menjadi ajang kompetisi bagi pelari professional dan lokal”, ujar walikota Ramlan.

Sementara itu ketua pelaksana Devri Neldo menjelaskan bahwa lomba lari ini merupakan yang ke 17 di tahun ini, Bukittinggi Wisata 10 K tahun ini diikuti oleh atlit - atlit elite Nasional dan sekitar 5000 kategori pelajar serta ratusan peserta umum, dengan total hadiah yang akan diperebutkan Rp.269 juta.

Star yang dimulai tepat pukul 07.30 di jalan Sudirman melewati rute Sudirman – Jam Gadang – Simpang Tembok – Pasar Banto – Simpang Mandiangin – Simpang Surau Gadang – By pass – Gelanggang Bukik Ambacang – Simpang Pintu Kabun – Simpang Tembok – RSAM _ Panorama dan finish di jalan Sudirman.

Hadiah yang diperebutkan yakni untuk elit nasional juara 1 akan meraih Rp.25 juta putra dan putri, disediakan sampai juara enam. Kategori umum juara 1 akan meraih Rp.15 juta untuk putra dan putri, disediakan sampai juara enam, sedangkan kategori pelajar yang khusus dari Bukittinggi juara 1 akan meraih Rp.7,5 juta untuk putra dan putrid an disediakan hingga juara ke 15.

Keluar sebagai juara kategori elit nasional putra , juara satu diraih oleh Ridwan yang berasal dari NTB dengan catatan waktu 33:23. Juara dua diraih Acong Tio dari capa AD Bandung dengan catatan waktu 34:04 Juara tiga diraih oleh Wilman dari Sumatera Utara dengan catatan waktu 34:23.

Untuk juara satu elit nasional putri diraih oleh Afriana Pejo dari NTT dengan catatan waktu 39:27,. Juara kedua oleh Odekta naibaho dari Jakarta dengan catatan waktu 39:44, sedangkan diurutan ketiga dengan catatan waktu 41:21 diraih oleh Eva Satriana dari Pariaman.

Untuk kategori umum putra juara satu diraih oleh Jauhari Johon dari Sumatera Selatan dengan catatan waktu  33:44, juara dua diraih oleh Hamdan Sayuti dengan catatan waktu 34:05 dari Sijunjung, juara ketiga diraih oleh Deker dari Sumatera Selatan dengan catatan waktu 34:10.

Kategori Umum putri untuk juara satu diraih oleh Pretty Sihite dari Sumatera Utara dengan waktu 39:39, juara kedua oleh Andriana Waru dari NTT dengan waktu 40:14 dan juara ketiga diraih oleh Aprilia dari Kab.50 Kota dengan catatan waktu 40:24

Sedangkan kategori pelajar putra se Bukittinggi untuk juara satu diraih oleh Rozi fadila dari SMA Pembangunan dengan waktu 39:07. Juara kedua oleh Zamzami dari SMA 4 dengan waktu 40:27 sedangkan juara ketiga oleh Ahmad fadli dari SMKN2 dengan waktu 42:19.

Kategori pelajar Putri se Bukittinggi untuk juara satu diraih oleh Rindiani Putri dari SMA 3 dengan waktu 48:27, Juara kedua oleh Yona hasanah dari SMP 4 dengan waktu 52:09 dan juara ketiga Giska Dwi Amanda dari SD 03 dengan waktu 55:35.

Kemeriahan acara ini juga dilengkapi dengan bertaburnya door prize dari sponsor yang disediakan oleh panitia untuk peserta dan hiburan music orgen tunggal dari penyanyi – penyanyi minang terkenal tentunya. (Ylm)