B U K I T T I N G G I
detail news

13 Dec,2017 16:12

Bukittinggi Open Marchingband Competition 2017 Dimulai

Rabu (13/12) dilaksanakan Bukittinggi Open Marchingband Competition 2017 di Halaman Balaikota Bukittinggi. Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias langsung yang membuka acara didampingi Forkopinda dan Kepala SKPD lainnya.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Erwin Umar dalam laporannya mengatakan Bukittinggi Open Marchingband Competition 2017 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 233. Even ini berlangsung dua hari, hari ini untuk tingkat SD dan besok untuk tingkat SLTP dan SLTA. Terbagi pula untuk kategori senior dan yunior. Akan ada sekitar 1200 siswa yang mengikuti lomba tersebut. Untuk SD diikuti enam group marchingband, untuk SMP diikuti 10 marchingband dan untuk SMA diikuti satu Group dari MAN I.

Lebih lanjut Erwin Umar mengatakan, Bukittinggi Open Marchingband Competition 2017 sengaja dilaksankaan untuk memasyarakatkan Marcingband di Kota Bukittinggi, memberikan kegiatan yang sehat dan terarah bagi siswa dan generasi muda, memberikan hiburan bagi warga Bukittinggi, membina remaja untuk berpartisipasi aktif dan mempererat silaturahmi antar sekolah. Sementara juri datang dari Persatuan Drum Band Indonesia dari Jakarta dan Aceh, dari Semen Padang dan dari PDBI Bukittinggi. Bukittinggi Open Marchingband Competition 2017 akan memperebutkan total hadiah Rp. 20 juta rupiah.

Ketua Persatuan Drum Band Indonesia Kota Bukittinggi M. Idris mengucapkan terima kasih kepada Pemko Bukittinggi terutama Dinas Pariwisata yang telah dua bulan mempersiapkan acara. Lomba marchingband itu menurut M. Idris pertama kali diadakan tahun 2014 dan sudah masuk tahun ketiga pada tahun 2017 ini. Kompetisi hari ini memang untuk skala Bukittinggi. Tahun depan diadakan untuk tingkat sumatera.

Menurut M. Idris dua tahun lalu Pemko Bukittinggi sudah membantu Rp. 50 juta untuk 12 SD dan tahun ini untuk 5 SLTP. PDBI berharap perhatian Pemko Bukittinggi tidak berkurang untuk tahun-tahun selanjutnya. Termasuk jugaterus berlanjut mengadakan lomba Marchingband terutama dalam memeriahkan HJK Bukittinggi.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya mengatakan acara ini dalam rangka HJK Kota Bukittinggi ke 233. Cukup banyak rangkaian kegiatan yang kita adakan. Sengaja tahun ini tidak terlalu banyak mengadakan acara yang bersifat hiburan, karena kita masih dalam pemulihan pasca kebakaran dua pasar kita. Namun demikian diharapkan masing masing warga dapat menikmati dan ikut memeriahkan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota itu. Selain berlomba, menurut Ramlan, perlombaan ini  juga menjadi evaluasi sejauh mana kemampuan dan sejauh mana kekurangan dari Marchingband kita. (fika)