B U K I T T I N G G I
detail news

06 Dec,2017 22:12

Pemko Goro Bersihkan Pasar Atas Penuhi Keinginan Pedagang

Ribuan ASN di lingkungan pemerintah Bukittinggi bersama pedagang Pasar Atas, gotong royong membersihkan Pasar Atas, Selasa (05/12). Goro yang diawali dengan apel itu dipimpin langsung Walikota Bukittinggi didampingi Sekda dan Kepala OPD serta pimpinan Baznas, Tagana, PMI dan sejumlah relawan lainnya.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam apel mengatakan sesuai permintaan pedagang yang menyampaikan aspirasi Senin kemarin, pemko langsung merespon dan membantu pedagang membersihkan puing-puing sisa kebakaran. Hal ini menjadi salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap korban kebakaran.

"Goro ini kita laksanakan untuk membersihkan puing sisa kebakaran Pasar yang terjadi 30 Oktober lalu. Hanya lantai satu yang kita bersihkan. Puing puis sisa kebakaran di buang dan damkar langsung menyiram lantai agar lebih bersih," jelasnya. Tumpukan sampah akan dibersihkan sehingga tidak ada penyakit.

Pemko langsung mendatangkan alat berat untuk membantu upaya pembersihan. Sementara ASN bersama pedagang juga melaksanakan goro, membersihkan areal lantai satu Pasar Atas.

Terkait penampungan, Walikota menjelaskan akan diupayakan selesai dalam waktu dua bulan. Diperkirakan lokasi penampungan yang tengah dikerjakan saat ini dapat menampung sekitar 500 lebih pedagang.

Selanjutnya, pemko akan segera mencari lokasi lain untuk penampungan tambahan. Sementara bagi yang ingin berjualan di jalan Minangkabau dan Ahmad Yani, dipersilahkan, namun tidak menggunakan lapak, melainkan menggunakan gerobak dorong atau mobil, "artinya bisa berpindah dan tidak mengganggu fasilitas umum serta menjga kebersihan, keamanan dan kemyamanan," ujar Ramlan. (fika)