B U K I T T I N G G I
detail news

06 Nov,2017 23:11

Percepat Rekonsiliasi Pasar Atas, Wako Temui Menteri Perdagangan

Senin (06/11) sore, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menemui Menteri Perdagangan Enggarsito Lukito di Ruang Kerja Menteri Perdagangan. Wako Ramlan dating didampingi Sekretaris Daerah Yuen Karnova, Anggota DPRD Propinsi Sumbar dapil Bukittinggi Agam Nofrizon, Kabag Perekonomian Rismal. Sementara Menteri Perdagangan didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri dan Staf ahli menteri.

Menurut Wako Ramlan, pertemuannya dengan Menteri itu guna menyampaikan permohonan bantuan pembangunan kembali Pasar Atas pasca kebakaran dari dana APBN. Mengingat kemampuan keuangan daerah yang terbatas sehingga tidak mampu dibiayai dari APBD Kota Bukittinggi. Sementara pembangunan kembali ini sangat mendesak karena Pasar Atas adalah urat nadi perekonomian kota Bukittinggi bahkan Sumatera.

Dalam kesempatan itu Menteri Perdagangan Enggarsito Lukito sangat merespon permohonan yang disampaikan Walikota. Apalagi setelah ada perintah langsung dari Wapres Jusuf Kalla sehabis mengunjungi pasar atas pasca kebakaran pada hari sabtu (04/11) lalu. Menteri Perdagangan diperintahkan untuk melakukan langkah-langkah percepatan pembangunan kembali Pasar Atas.

Menteri Enggarsito Lukito juga komit dan menekankan bahwa pembangunan Pasar Atas tidak akan menggunakan dana investo,  tapi akan dibiayai dari APBN dan sharing dengan APBD Propinsi dan APBD kota. Dalam waktu dekat Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Kementerian PU akan meninjau langsung ke lapangan untuk melakukan survey dan kajian awal rencana pembangunan Pasar Atas. (fika)